Tempra 160 mg/5 mL Sirup 60 mL

Tempra 160 mg/5 mL Sirup 60 mL
Tempra 160 mg/5 mL Sirup 60 mL

Indikasi

Tempra Sirup digunakan sebagai pengobatan untuk menurunkan demam, demam yang berhubungan dengan flu, demam pasca vaksinasi, serta meredakan sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri ringan lainnya.

Komposisi

Obat ini mengandung paracetamol 160 mg/5 ml

Kontraindikasi

 - Gangguan fungsi hati dan ginjal

Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Tempra Sirupantara lain :

          - Perubahan hematologikal

          - Alergi kulit

          - Reaksi alergi lain

          - Kerusakan hati bila digunakan dalam jangka panjang

Dosis & Cara Mengonsumsi

Dosis penggunaan Tempra Sirup harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaannya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita. Aturan penggunaan Tempra Sirup adalah sebagai berikut:

Dosis anak 6-8 tahun 10 mL, 4-5 tahun 7.5 mL, 2-3 tahun 5 mL. Diberikan tiap 4 jam, tidak lebih dari 5 kali sehari. Sebaiknya diberikan sesudah makan untuk mengurangi efek samping pada saluran cerna. 

Interaksi Obat

Tempra Sirup dapat berinteraksi bila diberikan bersama dengan :

         - Alkohol

         - Antikoagulan oral

         - Kloramfenikol

         - Aspirin

         - Fenobarbital

         - Penginduksi enzim hati

         - Zat-zat yang dapat menyebabkan hepatotoksis

Keamanan Kehamilan

Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Tempra Sirup ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut: “Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).” Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandungTempra Sirup. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Isi : 1 botol 60ml

Pharmaceutical : Taisho Pharmaceutical Indonesia Tbk PT

Golongan Produk : Obat Bebas